Bercengkerama Dengan Lukisan-Nya

Entah mengapa sejak kecil saya sangat menyukai memandang langit pada malam hari. Cakrawala langit yang luas menenangkan hati saya dan semakin lama saya memandang ke langit semakin tenteram hati ini. Langit seakan-akan berkata, “Anakku, lihat betapa indahnya Tuhan menciptakanku. Lihat warna-warni yang Ia bubuhkan pada diriku. Lihat bagaimana Ia membentuk diriku dengan keindahan yang begitu menyejukkan. Lihat bagaimana Sang Pelukis Agung membentangkan karya-Nya. Anakku, pandanglah diriku. Semoga engkau bisa mengambil hikmah dariku anakku.”

Mari sahabatku kita arungi Lukisan Agung-Nya.

******

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam” (QS 1:2)

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” (QS 3:190)

polarlicht_2_small.jpg

Sahabatku, kali ini kita akan jalan-jalan melihat sebuah cahaya indah yang bernama Aurora. Aurora adalah pancaran cahaya alami, yang biasanya timbul pada malam hari khususnya di daerah kutub. Ilmuwan menyebutnya sebagai Aurora Kutub.

Pada garis lintang utara, fenomena ini disebut sebagai Aurora Borealis yang sering muncul sebagai cahaya menyala berwarna kemerah-merahan. Aurora Borealis biasanya juga disebut sebagai Northern Lights sebagaimana cahaya ini hanya terlihat pada langit utara di bagian bujur utara bumi atau lebih tepatnya di daerah sekitar kutub utara. Aurora Borealis sering muncul pada bulan September hingga Oktober dan pada bulan Maret hingga April. (Wikipedia)

Pada bagian kutub selatan bumi, aurora ini dinamakan Aurora Australis sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah ini.

aurora_img_2005254_small.jpg

Aurora Australis terlihat di Kutub Selatan pada September 11, 2005

Difoto oleh NASA’s IMAGE satellite [Upload foto dari Wikipedia]

******

aurora-borealis_blog.jpg

Aurora Borealis terlihat dari Pesawat Antariksa Atlantis pada misi STS-117

[Upload foto dari NASA Earth Observatory]

******

Aurora Northern Lights muncul bersamaan dengan bulan purnama

aurora_smallnew.jpg

Foto Oleh brother jack4pics

******

Aurora Borealis di atas pegunungan Talkeetna, Alaska

aurora2_small.jpg

Foto Oleh brother jack4pics

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

“Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun?” (QS 50:6)

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

[Full Size]

******

Aurora Northern Lights di atas danau Schwatka, Yukon, Canada

329883322_a49a53910d_b_small.jpg

Foto Oleh brother Peter Lytwyniuk

******

Aurora di atas danau Pingvallavatn

1424605576_a65c09b84a_o_small.jpg

Foto Oleh brother LalliSig

******

Aurora Borealis

368404428_a9205c8489_o_small.jpg

Foto Oleh brother Ivar G

******

Aurora di atas Winter Cottage

448374460_7f4f0bd212_o_small.jpg

Foto Oleh brother LalliSig

******

“Maka bagi Allah-lah segala puji, Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan semesta alam” (QS 45:36)

******

“Tuhan kami, Engkau-lah Pelukis Yang Agung”

*********

:: Terima kasih kepada para sahabat yang telah menyediakan foto-foto spektakuler ini.

:: Untuk ukuran foto yang lebih besar silahkan klik link pemilik foto.

:: Penjelasan lebih lanjut mengenai Aurora silahkan lihat Wikipedia.

71 comments

  1. wah, mas dimas.. baguuuss…sekali foto2nya..
    aku penasaran, kalau di kutub puasanya gimana ya? kan ada waktu matahari-nya nggak tenggelam2 ya?.. thanks..

    =================================

    Pertanyaannya bagus untuk menambah ilmu kita. Saya tidak tahu mengenai cuaca di sana karena belum pernah ke sana😀 Tetapi sedikit yang saya tahu memang matahari di daerah kutub berbeda posisinya dengan matahari di daerah khatulistiwa. Matahari di kutub hanya berada pada posisi di ujung cakrawala, bukan pada posisi di atas kepala kita. Jadi matahari bergerak dari ujung cakrawala menuju ujung cakrawala lainnya (bergerak horizontal), bukan (bergerak vertikal keatas) sebagaimana di khatulistiwa yang terbit di ujung cakrawala kemudian naik menuju atas kepala kita dan tenggelam kembali di ujung cakrawala. Mengenai puasa di kutub, saya tidak tahu😉
    Kalo astronot sedang berada di bulan, bagaimana puasanya yah?😀
    Tambahan sedikit, kalo mau melihat simulasi mataharinya, mba Siska bisa menginstall software konstalasi bintang dari (http://www.stellarium.org) Posisikan tempat pada daerah kutub dan mba Siska bisa melihat bagaimana mataharinya bergerak. Have fun sister😉

  2. makasih mas. aku belum download.sementara ini aku liat di blog ini aja deh, gambar yang keren2. thanks again for the answer ya. ttg puasa di bulan.. hum.. selama ini astronot belum ada yang muslim ya kayanya (tp gk tau, belum cek) .. tapi kalo “menjelajah” universe, pergi ke langit dan menjelajah bintang2 sampai ke beberapa lapis langit pasti udah banyak muslim yang kesana ya.. cuma nggak ketauan aja.. hehehe. terus posting gambar yang bagus2 ya mas dimas..

    ======================================================

    Dimas: Terima kasih juga mbak Siska. Menurut saya selain tulisan, gambar juga memiliki kekuatan yang besar dalam menyampaikan suatu arti. Gambar bisa menjadi sarana untuk berkontemplasi.
    Menjelajahi dunia ‘inner’. kapan ya kita bisa seperti mereka? Begitu rindu jiwa ini menantikan perjalanan seperti itu. Semoga Allah membimbing kita semua. amin🙂

  3. @Siska

    Berpuasa bagi orang Muslim di kutub tinggal mengikuti jam berbuka/ bersahur ke daerah yang memiliki jam normal terdekat dari kutub tersebut, semisal di kutub selatan, bisa mengikuti Australia atau daerah kepulauan pasifik. Di kutub Utara bisa mengikut jam Sahur/ berbuka ke Finlandia, Islandia atau Rusia.Begitu juga dengan waktu Sholatnya. Demikian sedikit Informasi dari saya

    Jika Melihat sign (ayat/tanda) ini, maka suatu kedustaan jika kita masih berani bilang itu suatu kebetulan, bukan hasil Penciptaan, sebagaimana ucapan para Evolusionis.

    ===================================
    Dimas: mas Ahsan terima kasih untuk informasi puasanya🙂
    Lebih lanjut, alam raya ini adalah ayat-Nya. Memang konyol jika ada yang mengatakan ini semua terjadi karena kebetulan saja. Karena kemana pun kita memandang, ayat-Nya terpampang dengan kesempurnaan yang tidak ada cacat sedikit pun.

  4. thanks mas ahsan, ini menjawab pertanyaan yang selama ini hanya berputar2 saja di benak :)). Para evolusionis itu memang dibesarkan dalam tradisi yang materialis, mereka tidak percaya sesuatu yang immateril. Hasilnya ya, peradaban yang keliatan canggih tapi kosong, semua serba cepat dan gemerlap tapi melahirkan orang2 yang kesepian dan terasing yang selalu merindukan makna. Kita ini kental dan besar dalam iklim peradaban yang sangat materialis sebenarnya, yang sering membuat kita sesak dan sulit mendengarkan suara lirih di dasar-dasar hati :))

  5. Subhanallah…terimakasih ya Allah aku di perlihatkan ciptaanMu yg begitu indah lewat situs ini…termakasih juga buat mas Dimas

    ========================================================================

    Alhamdulillah.
    Segala puji bagi-Mu ya Rabb, Engkaulah Yang Maha Indah.

  6. Terkesima. Subhanallah….

    ========================================================================

    *Berdiri di sebelah mas Agor sembari menatap cakrawala langit*

    Tuhanku, Engkaulah Seniman Yang Agung. Karya-Mu menenteramkan jiwa-jiwa yang mencari-Mu. Segala puji bagi-Mu wahai Tuhan semesta alam.

  7. weleh… keren bener tuh foto2-nya.
    eh, disekitar kita juga kadang2 cahaya2 indah bisa tertangkap kamera.

    ===============================================================================

    Telmak🙂 ini bukan cahaya yang tertangkap oleh kamera, tetapi cahaya yang muncul di kutub utara dan selatan kemudian diabadikan oleh kamera.

  8. Itulah karya dari kebesaran Tuhan
    Lam kenal mas…

    ==============================================================================

    God is the greatest engineer, the greatest artist, the greatest scientist, The Greatest of all greatest…Allahu Akbar!

  9. Semua nya mbois puoll, apalagi bgambarnya aurora yang ijo bagus bangeeeeeettttsssss! Allah memang Maha Kuasa Untuk menciptakan segala sesuatu yang indah!

    =========================================================================

    Dia-lah Pelukis Yang Agung

  10. Subhanallah, keren banget Mas gambar2nya. Allah memang menyukai keindahan. Semoga gambar2 yang indah itu memperkuat keimanan kita akan Sang Khalik. Amin Yaa Rabbal Alamin.

    ========================================================================

    Amin Ya Rabb🙂

  11. Subhanallaah…. dibalik keindahan itu sebenarnya masih banyak misteri yang bisa diungkap.

    ==========================================================================

    Mungkin mas Purmana bisa mengungkapkan salah satu misterinya🙂

  12. sejak kecil keinginan terpendam saya adalah melihat aurora(jenis apapun) secara langsung
    semoga terkabul jika saya sudah sukses nanti
    cita-cita saya sejak kecil adalah menjadi seorang astronot terinspirasi dari rekreasi ke planetarium jkt
    apapun faktanya ttg aurora yg sdkt sekali aku tahu, yg jelas itu merupakan tanda kekuasaanNYA
    melihat fotonya saja kita bisa tergugah
    subhanallah

    =========================================================================

    Yuk kita sama-sama melihat aurora ke kutub! Tetapi saya ndak punya uang untuk membeli tiket pesawatnya hahaha.
    Seru kali ya bisa melihat aurora secara langsung disana. Semoga cita-cita mba Elsha untuk melihat aurora bisa terwujudkan, tapi jangan lupa ajak-ajak saya ya😀

  13. wah emang allah tuh maha kuasa and maha segalanya atas apa yang telah ada di alam raya

    =========================================================================

    Semoga Ia selalu membimbing kita. amin🙂

  14. ya Dialah Tuhan Semesta Alam yang sesungguhnya!Allah yang memberikan warna didunia!tak akan ada siapapun yang membuatnya!smg qt tetap b’syukur kpd-Nya!Allah memang Keren!^_^

    ========================================================================

    Amin.
    Segala keindahan yang ada bersumber dari-Nya😉

  15. gambar dan kata2nya membuatqu kembali ke pelukan Allah,
    setelah sekian lama rasane aqu meninggalkan Nya.
    maha besar Allah dengan segala penciptaannya,
    apakah aqu berdosa selama ini atas keingkaran qu?

    ========================================================================

    Berdosa atau tidak, hanya Allah yang mengetahuinya.
    Tetapi, Guru saya mengatakan, selama jiwa masih dikandung badan (selama jiwa masih berada di dalam jasad), maka kita masih memiliki waktu untuk memperbaiki diri.

  16. SUBHANALLAH

    PENGETAHUAN MANUSIA HANYA BAGAIKAN SETETES AIR DI LAUTAN

    DAN ALLAH MAHA MENGETAHUI LEBIH LUAS BERKALI-LIPAT DARI LAUTAN DI BUMI

    ALLAH MAHA PENCIPTA

  17. What a great Photo,…
    sang di Indonesia ga bakalan ada pemandangan yang seindah ini
    btw saya minta izin mo nganmbil sebagian foto nya buat screen saver di laptop saya,..
    Thanx

    ========================================================================

    Saya pun tidak menyangka di kutub yang hanya terdiri dari bongkahan es, pada malam hari langitnya dilukis cahaya-cahaya spektakuler oleh Sang Pelukis Agung.

    Silahkan mas Iwa

  18. Subhanallah!!

    Indah ciptaanMu wahai Allah..

    ingin sekali aku melihat aurora…

    ========================================================================

    Aku pun ingin!🙂

  19. oia,,saya minta izin ngambil foto2 aurora yaa..

    soalnya saya suka sekali aurora

    pengeen bgt liatnya…

    hobby ku juga sering nongkrong di genteng malem2

    apalagi kalo lagi banyak bintang

    =======================================================================

    Hati-hati loh nongkrong di genteng! Nanti jatuh…hehehe

    Silahkan untuk foto Auroranya. Oiya jangan lupa kalau mau dipajang di blog, cantumkan pemiliki foto Auroranya ya🙂 Kasian mereka yang sudah berusaha keras untuk memotret momen indah tersebut, setidaknya kita berterima kasih kepada mereka dengan memajang link foto mereka😉

  20. ass, Cma 4 klimah yg bisa mewakilkan ciptaann-Nya yg bgtu tak terhingga di langit dan di bumi, Subhanallah, Walhamdulillah, Laillahailallah, allahuakbaru!!!!!!!!! Allah tuwh kreatifnya g da yg menandingi,,(ya iyalah)

    ========================================================================

    Wa alaikum salam

  21. Engkau amat nyata ya ALLAH,,,maafkan bila aku terlalu banyak lupa kepada-Mu

    ampunkalah,,hapuskalah sgala kesalahan kami

    AMIN…

    ========================================================================

    “ampunkalah,,hapuskalah sgala kesalahan kami” amin

  22. Subhanallah, Allahu Akbar!!
    Begitu terkagum-kagumnya diriku hingga rasanya ingin menangis..
    Tidak terbayang jika aku melihatnya secara langsung..
    Jika ciptaan-Nya saja indahnya bukan main tanpa ada yang menandingi,, Lalu bagaimana dengan yang Menciptakannya Sendiri??
    Cita rasa seni Maha Tinggi hanya milik Allah..
    Subhanallah, Allahu Akbar!!

  23. Gambarnya bagus banget, kebetulan ana lg nyari gambar2 yang indah biasalah buat koleksi. eh bagi kawan2 yang ditakdirkan bisa ke Bulan nanti shalat dan puasanya dikira2 aja dengan waktu yang ada dibumi, hal itu ulamamengambil istinbath dari hadist Dajjal yang mana bumi nanti perputaran waktunya sehari bagai seminggu, sehari bagai sebulan, sahabat bertanya , yaRasullaoh jika kami hidup dimasa itu apakah dalam sehari cukup shalat lima kali saja ? , Rasul menjawab : tidak, dikirara saja waktunya(dgn waktu yang normal). Terima kasih dan salam kenal

  24. jadi tertarik ngebahas masalah evolusionist.
    Kalau saya pribadi percaya pada teori evolusi.
    Tapi evolusi itu hanya sanggup menciptakan varietas (maka nya mucul orang kulit putih, hitam, kuning dan sawo matang).
    Tapi evolusi tidak akan mampu menghasilkan species, lah macan tutul, cheetah dan singa sama – sama di afrika kok hasil nya beda2.
    Dan saya pernah nonton di Metro ternyata ditemukan bukti fosil manusia yang berumur ribuan tahun ( lebih tua dari fosil semacam pitegan tropus gitu lah) yang mirip dengan manusia modern.
    Hal ini mematahkan teori evolusi manusia dari monyet.
    Tapi berhubung penemuan ini akan merusak teori yang dah baku maka bukti – bukti ini didiamkan.(para penemu nya yang ingin mempublikasikan disingkirkan dari forum2 ilmiah)
    Ternyata ilmuwan takut kalo teori mereka harus di bangun dari awal.
    Memang manusia itu sangat lemah, ilmu pengetahuan bukan lagi untuk mencari kebenaran tapi sebagai pembenaran

  25. Alhamdulillah, Anda diberi kesempatan menuliskan semua firman Allah dan buktiNya, sebenarnya masih banyak kejadian alam yang belum kita ketahui….Mari kita mencari agar kita termasuk kedalam orang2 yang berfikir. Amien

  26. Alhamdulillah, Anda diberi kesempatan menuliskan firman Allah dan buktiNya, sebenarnya masih banyak kejadian alam yang belum kita ketahui….Mari kita mencari agar kita termasuk kedalam orang2 yang berfikir. Amien

  27. Allahu Akbar 3x,demikianlah DIA menunjukkan KebesaranNya
    kita harus malu jika selama ini ada kesombongan yang ada pada diri kita, marilah kita mulai memperbaiki diri untuk lebih mendekatkan diri padaNYA

  28. Demi Allah bagus banget! Makasih mas… semoga anugerah keindahan Allah tersebut bisa semakin mendekatkan kita denganNYA. La ilaha ilallah Muhammadur Rasulullah

  29. weeeeeee………..subhanAllah begitu bsr ciptaan Allah,,aq kagum dng ciptaanny itu,,,smg itu membuat qt semakin dekat dengannya,,,>,<

  30. permisi…minta izin copy gambarnya ya mas, makasih. jadi pengen punya sayap buat terbang ke kutub dan jagat raya. Allah is the Greatest….

    ===

    Silahkan dicopas🙂
    Aku juga mau memiliki sayap agar dapat melihat bintang-bintang nan indah di seluruh jagat raya🙂

    Ya Allah, kami memohon Rahmat-Mu. amin

  31. langit malam selalu memukau ku juga… sejak smp di mojokerto .. setelah di pontianak,purwokerto,banjarnegara…dan sekarang di palu… langit selalu memberitahukan padaku.. betapa luar biasanya ciptaanNYA.. ta mampu aku membayangkan betapa Maha Besar Mu ya ALLAH … terima kasih utk penulis yg telah berbagi blog ini.. terima kasih atas penguatan hati yg aku dapatkan dari blog ini..terima kasih.

    =====================

    Kerlap-kerlip bintang di langit, sudah cukup membuat hati ini tergugah. Pasti ada makna yang dihadirkan. Mas Wijang, langit di Jakarta tidak setiap saat ditempeli oleh bintang karena terhalang oleh asap yang dihasilkan oleh industri tapi dulu saya pernah ke sebuah tempat dimana langit malamnya begitu pekat dan bintang-bintangnya bertaburan. Saya sampai bisa melihat sabuk Galaksi Milky Way-nya. Sangat-sangat indah.

    Segala puji bagiMu, atas sapaan bintang-bintangMu pada kami.
    Terima kasih mas Wijang telah berbagi pengalaman hidupnya🙂

  32. ..Bumi penuh dengan karya agung-Nya…Haleluya

    =====================

    Haleluya…

    Alhamdulillah…

    *
    Haleluya meaning “Praise the Lord!” (halelu-Yah)

    Alhamdulillah meaning “Praise to God” or “All praise belongs to God

  33. wuuuuiiiiihhhhhhhhhhhh
    keren abisz fenomenanya ???!!!
    aku sampek kagum !!!!
    soalnya aku juga pernah lihat bulan tuh ada selimut pelanginya??
    ya mungkin itu cahay aurora !!!???
    gileeeeee
    indah buangetsz !!!!!!

  34. kuw juja pernah mimpi tapi sebelumnyakuw ndak tau tuw cahaya apa ??
    yang semula kuw fikir tuw mungkin selambu surga ?????
    eh ternyata itu tu adalah cahaya aurora yang ada di kutub ???
    heheheheheh ;-p
    meski kuw ndak pernah ke kutub tapi alhamdulillah akuw pernah liat langsung meski hanya sebatas di mimpi ajjah ……….

    SUBHANNALLAH……………………

    =====================

    Rennita mimpinya indah sekali🙂 Tidak semua orang loh bisa mendapatkan mimpi seperti itu. Pada saat mimpi melihat aurora, apakah ada merasakan sesuatu?

  35. maha benar allah dengan segala firmannya
    di alkitab mana yang yang menerangkan tentang ilmu kehidupan serta tatasurya tentang pergantian siang dan malam????????????
    jawabannya hanya kitab bullah yaitu Al;Qurannulkarim
    maka dari itulah hanya allah yang mengetahui isi patut isinya.
    astagfirullah, subhanallah, walhamdulillah, walailahailallah wallahuakbar, lahaoulla wallaquata illa billa aliyuladzim.

  36. Subhanallah…
    Q 9 tw mw tls ap ge ttg perasaan Q..
    Q kagum bangetzzzz…
    N kpn yach.. Qr2 Q bz ng’liat aurora secara langsung..???

    =========================

    mmm….pergi ke kutub untuk melihat Aurora? Aku juga mau🙂 Tapi bagaimana caranya ya?😀

  37. LA ILLA HA ILLALLAH,,,,,
    aku bersyukur bisa menemukan situs ini,,,,
    aku bersyukur karena bukan hanya aku yang menyenangi hal yang sama (menatap langit malam).
    SUBHANALLAH,,,,,
    ALLAH memang MAHA INDAH nan MAHA SEMPURNA,,,,
    [^_^]

    ==========================================

    Salam Joe

    Alhamdulillah. Saya juga begitu kagum dengan langit malam. Begitu tenang dan damai🙂

    Salam silahturahmi.

  38. Subhanalloh, Allohuakbar..
    Ya Allah, sungguh Kau Maha Kuasa, Maha Indah, Maha Pencipta..
    Ku ingin ‘kembali’ ..

    *teori, medan magnetik di sekitar kutub bumi akibat pengaruh medan magnetik matahari, berinteraksi dengan cahaya matahari putih yg terdeviasi memunculkan fenomena yg luar biasa..

  39. Subhanalloh…., Allohuakbar…, tidak akan ada yg sanggup menciptakan keindahan se Dahyat itu kecuali Yang Maha Kuasa.

    ==================

    Sungguh Agung Ciptaan-Nya. Allahu Akbar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s