Diri Kita Tatkala Di Dalam Perut Ibunda

Para sahabat yang aku cintai, kali ini kita akan memundurkan waktu sejenak dan melihat apa yang terjadi pada diri kita tatkala kita berada di dalam rahim ibunda kita. Sungguh begitu Agungnya Sang Ilahi membentuk, menjaga dan memelihara diri kita. Kasih Sayang-Nya meliputi seluruh alam semesta. Sungguh Engkau-lah Tuhan kami Yang Maha Pengasih.

Sahabatku, foto-foto di bawah ini memperlihatkan proses apa saja yang terjadi pada sang janin hingga pada akhirnya ia menjadi seorang manusia. Prosesnya dijelaskan secara bertahap dimulai dari minggu ke 8. Mari Sahabatku kita mulai perjalanan ini.

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

“Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya.

Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS 3:6)

1small.jpg

2s.jpg

Dimulai pada minggu ke 4-8:

Terjadi pembentukan awal embrio (manusia dini) yang sudah memiliki sistim vaskuler (peredaran darah). Jantung janin mulai berdetak, dan semua organ tubuh lainnya mulai terbentuk. Muncul tulang-tulang wajah, mata, jari kaki, dan tangan.Pada fase ini pun sudah terbentuk kantung ketuban yang terdiri dari dua selaput tipis. Selaput ini berisi air ketuban tempat bayi terapung di dalam rahim. Air ketuban akan menjaga bayi dari cedera akibat benturan dari luar selama masa kehamilan. [Full Screen] [Full Screen]

***

3s.jpg

Pada minggu ke 8-12:

Organ-organ tubuh utama janin telah terbentuk. Bentuk kepalanya pun kini lebih besar dibandingkan dengan badannya, sehingga dapat menampung otak yang terus berkembang dengan pesat. Ia juga telah memiliki dagu, hidung, dan kelopak mata yang jelas. Di dalam rahim, janin mulai dapat melakukan aktifitas seperti menendang dengan lembut. [Full Screen]

Pada minggu ke 12-16:

Paru-parunya janin mulai berkembang dan detak jantungnya dapat didengar melalui alat ultrasonografi (USG). Wajahnya mulai dapat membentuk ekspresi tertentu, dan di matanya mulai tumbuh alis dan bulu mata. Kini ia dapat memutar kepalanya dan membuka mulut. Rambutnya mulai tumbuh kasar dan berwarna. Bahkan kakinya pun sudah tumbuh lebih panjang dari tangannya.

***

4s.jpg

Pada minggu ke 16-20:

Hidung dan telinga tampak jelas, kulit merah, rambut mulai tumbuh, dan semua bagian sudah terbentuk lengkap. Pembuluh darah terlihat dengan jelas pada kulit janin yang tipis. Tubuhnya ditutupi rambut halus yang disebut lanugo. Si kecil kini mulai lebih teratur dan terkoordinasi. Ia bisa mengisap jempol dan bereaksi terhadap suara ibunya. [Full Screen]

Pada minggu ke 20-24:

Pada saat ini, alat kelaminnya mulai terbentuk, cuping hidungnya terbuka, dan ia mulai melakukan gerakan pernapasan. Pusat-pusat tulangnya pun mulai mengeras. Selain itu, kini ia mulai memiliki waktu-waktu tertentu untuk tidur.

***

5s.jpg

Berkat teknologi 3D Ecography, anda bisa melihat sang janin dengan jelas, bahkan ekspresi wajahnya. [Full Screen]

***

6s.jpg

Pada minggu ke 24-28:

Di bawah kulit, lemak sudah mulai menumpuk. Di kulit kepala rambut mulai bertumbuhan, kelopak matanya membuka, dan otaknya mulai aktif. Ia dapat mendengar sekarang, baik suara dari dalam maupun dari luar (lingkungan). Ia dapat mengenali suara ibunya dan detak jantungnya bertambah cepat jika ibunya berbicara. [Full Screen]

***

7s.jpg

Pada minggu ke 28-32:

Walaupun gerakannya sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai bisa berkedip akibat melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup. Si kecil kini sudah terbentuk dengan sempurna. [Full Screen]

Pada minggu ke 36:

Sang bayi kerap berlatih bernafas, mengisap, dan menelan. Rambut-rambut halus di sekujur tubuhnya telah menghilang dan badannya menjadi lebih bulat. Bayi yang dikandung oleh sebagaian wanita yang hamil untuk pertama kalinya akan mengalami penurunan, yaitu turunnya kepala ke rongga panggul (bayi sudah “turun”).

Pada minggu ke 38:

Kepalanya telah berada pada rongga panggul, siap untuk dilahirkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa waktu persalinan sudah dekat. Kini, sang bayi seolah-olah “mempersiapkan diri” bagi kelahirannya ke dunia.

***

10s.jpg

Pada minggu ke 40 [9 Bulan]: [Full Screen]

Apa yang dulunya hanyalah sebuah sel, sekarang telah menjadi manusia. Dalam beberapa hari, plasenta akan mengambil alih dan memberi sinyal bahwa bayi telah siap untuk dilahirkan. Sang bayi masih tidur dengan tenang di dalam rahim ibunya. Ia tidak mengetahui bahwa sesaat lagi ia akan meninggalkan “rumah”nya untuk melewati proses terbesar dalam kehidupannya yaitu KELAHIRAN! Walaupun proses ini menyakitkan bagi sang ibu dan sang bayi tetapi melalui hal inilah…

KEAJAIBAN KEHIDUPAN TERJADI!

***

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam” (QS 1:2)

*****

Semoga bermanfaat.

 *********

Perjalanan lainnya:

Bercengkerama Dengan Lukisan-Nya

Terbang Mengelilingi Jagat Raya

105 comments

  1. Maha suci Allah, sebaik-baik Pencipta
    itulah bukti Keajaiban CintaNya.

    Akhirnya diposting juga nie😀

    ==========================================================================

    Iya Nanik🙂 Setelah research sana-sini, akhirnya jadi juga. Alhamdulillah

  2. Subhanallah,
    Apakah pernah memperhatikan kalau hajar aswad berbentuk mata manusia?

    =========================================================================

    Salam mas Wisnu, gimana kabarnya?🙂

    Hajar aswad berbentuk mata manusia? Sampai saat ini saya tidak melihat bahwa hajad aswad berbentuk mata manusia. Silahkan dishare di sini mas Wisnu jika ada hal-hal yang belum saya ketahui.

  3. Assalamu’alaikum Ikhwah
    Salah satu ibroh dari penciptaan manusia, adalah bahwa perjuangan dalam kehidupan ini telah dimulai sejak berjuangnya jutaan sperma untuk membuahi sebuah sel telur. Dan setelah menjelma menjadi manusia, bagaimana mungkin kita tidak berjuang? Prosesi penciptaan manusia, dapat Anda simak dalam harun yahya; baik di website Beliau maupun dalam bentuk CD yang sudah banyak beredar.
    Wassalam

    =========================================================================

    Wa alaikum salam🙂
    Thanks yah untuk tips website dan cdnya. Alhamdulillah beberapa cdnya telah saya lihat dan bagus-bagus🙂

  4. Subhanallah!!
    ke’ajaib’an penciptaan yah??! “min nutfatin khalaqahu faqoddaroh” kurang apa coba sayangnya Tuhan ma kita? tp tetep aja aku ini, durhaka. Jadi mikir nih, aku tak telpon emak dirumah ah..
    *siap2 mo pergi*
    *balik lagi, gak jadi pergi*
    oh iya, salam kenal ya mas-nya ^-^

    =========================================================================

    Hahaha, kok ngak jadi perginya?😀

    Wa alaikum salam🙂

  5. Salam Mas Wisnu,
    Subahanallah, postingannya bagus banget !!
    Demi Allah, saya sampai nangis membacanya . . .
    Sayang membayangkan bahwa seperti itulah anak saya (galang) ketika berada dalam rahim saya . . .
    Tiba2 rasa bersalah menghantui saya, kala teringat, bagaimana saya bersikeras bahkan terkadang bertengkar dengan suami hanya karena saya pengen banget minum air es, berarti galang kedinginan di sana, entah bagaimana keadaanya ketika saya malas cari makan karena ga mau turun dari gedung lantai 3 untuk cari makan, sampai akhirnya galang ga bergerak2 lagi,,
    Masya Allah . . .

    Mas Wisnu, bisakah berbagi artikel nya ini untuk diposting ke Blogspot nya saya?
    terimakasih…

    =============================================================================

    Wa alaikum’salam
    Saya terharu mendengar kisah mba. Sebagus-bagusnya artikel mengenai kehamilan, toh yang hanya bisa merasakan kejadian yang sesungguhnya hanyalah para wanita. Dan sharing pengalaman mba di atas membuka mata kami (para lelaki) betapa beratnya perjuangan wanita menjaga bayi yang ada di dalam kandungannya. Saya menyakini bahwa mba sudah berusaha yang terbaik untuk menjaga galang. Terima kasih sekali lagi🙂 Semoga mba dan galang selalu dalam lindungan Allah SWT. amin

    Silahkan mba kalo mau diposting🙂 Sungguh merupakan kebahagiaan bagi saya untuk bisa sharing dengan mba.

  6. allah maha pencipta, bukan urusan manusia bagai mana DIA menciptakan kita manusia, tapi bagai mana kita mensukuri bahwa kita pernah diciptakan dan terlahir ke dunia fana ini, dan bagai mana cara kita mengenal pencipta kita dan bagai mana kita dapat kembali ke pangkuannya amin salam

  7. subha’nallah, maha suci ALLAH. ALLAH menciptakan manusia dengan sempurna dibanding dengan makhluk lain. Maha suci Engkau ALLAH, tiada TUHAN selain ENGKAU ALLAH!!!!

    ALLAHU AKBAR!!!!!

  8. Subha’nallah …..Berulang kali pujian bagi ALLAH SWT terucap mana kala melihat Kebesaran Ciptaan-Nya yang sangat sempurna dari mahluk lain. Beberapa hari ini saya memang mencari artikel seperti ini, Alhamdulillah saya sedang mengandung anak yang pertama. Mudah-mudahan anak kami kelak menjadi anak yang soleh. Amien. Trima kasih atas artikelnya yang sangat indah dan bagus ini.

    =========================================================================

    Subhanallah, Puji syukur kepada Allah yang telah menganugerahi amanah kepada mba een.

    “Mudah-mudahan anak kami kelak menjadi anak yang soleh” —> amin ya Allah.

    Semoga mba een dan keluarga selalu dalam lindungan Allah Swt. amin

  9. Diiii…..point nya ditambahin donk, misalnya bagaimana Tuhan menganugerahkan keajaiban ini hanya kepada wanita huehueuhue…*genderisme banget gw😛

    =========================================================================

    Tapi ada kok, sesuatu yang hanya di anugerahkan kepada laki-laki, dan wanita tidak memilikinya🙂
    Kan Tuhan Maha Adil😉

  10. senengnya, saat ini saya sedang hamil 6 bulan 3 minggu,, dengan melihat ini setidaknya saya tau kehidupan anak saya didalam rahim.. trimakasih atas info2 nya,,

    Best Regards,
    PoPy

    ========================================================================

    Alhamdulillah.
    Saya juga senang mendengar kabar dari mba Popy🙂
    6 Bulan berarti perutnya sudah besar. Sungguh begitu besar perjuangan para kaum ibu. Pantaslah dikatakan bahwa Surga itu berada di bawah telapak kaki Ibu.

  11. salam alaikum

    subhanALLAH …..

    ========================================================================

    Wa alaikum salam

  12. Maha suci Allah atas kuasaNYA..

    Thank’s
    sana ini, meskipun masih samar aku telah melihatnya. Suatu bentuk nyata dari kebesaranNYA. suatu “cermin tuk berkaca”meskipun sakit ku coba berjalan mendekatiNYA..

    Thank’s

    ========================================================================

    Semoga kita dibimbing dalam berjalan menuju-Nya. amin

  13. Anehnya byk ortu yg menganggap dia lah yg berhak menentukan hidup si anak. Dan yg lbh aneh lg, byk anak2 yg merasa dia lah pemilik sah atas hidupnya.

    ==============

    Ada tulisan dari Khalil Gibran

    “Your children are not your children.
    They are the sons and daughters of Life’s longing for itself.
    They come through you but not from you, And though they are with you, yet they belong not to you.
    You may give them your love but not your thoughts. For they have their own thoughts.
    You may house their bodies but not their souls, For their souls dwell in the house of tomorrow, which you cannot visit, not even in your dreams.
    You may strive to be like them, but seek not to make them like you. For life goes not backward nor tarries with yesterday.
    You are the bows from which your children as living arrows are sent forth.
    The archer sees the mark upon the path of the infinite, and He bends you with His might that His arrows may go swift and far. Let your bending in the archer’s hand be for gladness; For even as he loves the arrow that flies, so He loves also the bow that is stable.”

  14. SUBHANALLAH….thanks ya,mta izin di copy,bleh?…sbgai ilmu tambahan..semoga Allah mengira segala kebaikan mu…amin

    ===================

    Silahkan jika ingin di copy. Semoga membawa manfaat ya🙂

    amin.
    Semoga Allah selalu melindungimu. amin

  15. Subhanallah.. membaca artikel ini jadi teringat kelahiran Elvina Lailatul Azizah,putriku yang 2. pada malam 29 ramadhan kemarin saya membantu bidan mendorong perut istri saya…. Allahuakbar…tangis bayi suci menggema bersautan dengan alunan tadarus ayat-ayat suci al-qur’an. ujung kaki hingga kepala seraya bergetar menyaksikan kebesaran Allah dalam penciptaan makhluk-Nya. satu yang terbesit di hati saat ini: masih pantaskah saya berjalan di muka bumi ini dengan mengangkat kepala penuh kesombongan?

    =================

    Terharu mendengar kisah mas Djunaidi. Bagaimana kabarnya Elvina saat ini? Semoga beliau Sehat. Semoga keluarga mas Djunaidi selalu diberkati Allah Ta’ala. amin

  16. Sebentar lagi anak saya yang pertama lahir, perkiraan tanggal 19 November, semoga diberikan keselamatan, kesejahteraan dunia dan akhirat, Aghitsny Ya Allah

    ===============

    Amin. amin.
    Semoga anak Pak Ahmad menjadi anak yang Saleh. amin

  17. keren bgts… q jd tambah info ttg perkembangan janin dalam rahimku. Smg kelak ia jd anak yg sholeh, amin2x

    ==================

    Bahagianya mendengar mba Ivon sedang mengandung. Jaga kesehatannya ya mba. Semoga anaknya menjadi anak yang saleh. amin

  18. alhamdulillah akhirnya ketemu juga gambar istimewa ini….. karena aku penasara untuk melihat bayi dalam perut pada usia 9 bulah soalnya istriku lagi hamil 9 bulan dan kata dokter mungkin minggu2 ini istriku melahirkan…. Subhanallah, Maha Suci Allah Atas segala CiptaanNya sesungguhnya yang demikian Merupakan Tanda Tanda Kebesaran -Nya bagi Orang2 yang berfikir… oh iya…. buat semua bloger mohon doanya ya .. semoga dalam proses kelahiran anakku yang pertama dapat berjalan lancar selamat, dan kelak ia menjadi anak yang sholeh taat kepada kedua orang tua dan berguna Bagi nusa dan Bangsa terutama Bagi Agama.. Amin

    ======================

    Mas Hindra, semoga anaknya menjadi anak yang saleh. amin

  19. assalamu ‘alaikum
    subhanallah,maha suci Allah dengan semua kesempurnaan dalm penciptaan manusia.imel senang bangt finally ketemu juga apa yang sudah lama dicari.ne anak pertama aq jd agak nervous n penasaran dan disini agaknya bisa menutupi perasaan aq itu tentang gmn baby aq dalam kandungan……terimakasih ya Allah dengan karunia terbesar dalm hidupku.engkau lengkapi aq sbagai wanita dengan menjadi ibu..

    ===============

    Waalaikumsalam

    Alhamdulillah mendengar apa yang mba Imel alami. Dimana-mana anak pertama umumnya memang selalu waspada penuh karena itulah saat pertama kali wanita memahami kehamilan. Jaga kesehatannya ya mba Imel. Semoga anaknya menjadi anak yang Saleh. amin

  20. Subhanallah…, saat ini saya sedang hamil 6 bulan, setelah baca blog bapak betapa saya sangat bersyukur telah diberi anugerah dan amanah untuk merawat calon buah hati..

    Mohon ijin mengcopy isi blognya yah pak, semoga makin banyak ibu dan calon ibu yang selalu bersyukur telah diberi amanah untuk menjadi seorang ibunda.

    =================

    Bahagia hati ini mendengar keadaan bu Riris. Semoga Allah menjaga bu Riris dan sang bayi🙂 amin. Semoga Allah menuntun sang bayi menjadi anak yang saleh. amin

    Silahkan dicopy, semoga membawa manfaat bagi kita semua.

  21. Asww mas Dimas.Salam kenal ,saya pengunjung setia “rumah”anda.Mohon izin postingan anda saya sebarkan kepada teman2 lain.Hitung2 dakwah lewat email.Semoga Allah memberikan keberkahan kepada anda sekeluarga.Wass.

    ========================

    Waalaikumsalam

    Terima kasih mas Romdoni atas doanya dan kunjungan. Sungguh sebuah anugerah yang besar bagi saya. Semoga Allah menjaga dan melindungi mas Romdoni dan keluarga. Silahkan mas jika ingin di share, semoga membawa manfaat. Kirim salam juga untuk sahabat-sahabatnya🙂

  22. Allahhu akbar…terimakasih.takjub saya.Sekarang usia kandungan saya masuk ke minggu ke 11.Saya sedang mengandung anak kami yg ke 4.Segala kesempurnaan milik Allah.Semoga kesehatan dan keselamatan Allah berikan utk aku bersama anakku dalam kandungan.Terimakasih ya Allah atas segala karunia Mu.

    =================

    Sepertinya sang bayi sudah lahir ketika saya membalas komentar ini. Alhamdulilah.
    Amin. amin.
    Semoga menjadi anak yang Saleh. amin🙂

  23. PERNAHKAH MANUSIA MERENUNGKAN TENTANG PROSES KEJADIAN DIRINYA? MUNGKIN ADA, TAPI MUNGKIN LEBIH BANYAK LAGI YANG BELUM PERNAH SAMA SEKALI, SEHINGGA DIA SOMBONG KEPADA TUHANNYA.

  24. Assalamu’allaikum………..
    sebelumnnya saya ucapkan banyak terimakasih, karena dgn membaca blok ini saya menjadi lebih mengerti dan paham, tentang perkembangan janin dari minggu ke minggunya. Kebetulan saat ini saya sedang hamil 14 minggu, dan berencana untuk berlibur bersama suami ke Bali, sebenarnya saya masih ragu untuk meng- iyakan, tapi berhubung saya merasa perlu untuk menemani suami, yang lusa akan berangkat ke Bali, akhirnya saya memutuskan untuk ikut, itung2 transportnya gratis..
    Sahabat.. doakan tidak terjadi hal yang tak diinginkan dengan Janin kami..
    salam manis.. Dari keluarga Sandy…

  25. Ya Allah q seneng banget bisa melihat gambar bayi dalam kandungan ini, karena aku juga lagi hamil 7 bulan jadi bisa tau gimana bentuk anak dalam perutku…. aku juga berterima kasih karena ada penjelasan tentang pergerakan bayi dalam perutku sehingga aku bisa belajar bagaimana aku kepada bayi yang sangat aku sayang ini….

    =========================

    Alhamdulillah🙂

  26. jadi ingat waktu marah-marah sama ibu,waktu ga di setujui sama pacarku,yg sekarang jadi suamiku,aku hamil sblum nikah,lalu ibuku berujar”lu bakalan ngerasain gimana jadi seorang ibu,mudah2an aja anak kamu ga keras kepala seperti kamu”saat hari kelahiran anakku tiba,terasa sekali sakitnya,terlebih aku blum sempat minta maaf sama ibuku yg tersakiti hatinya selama ini,saat itu juga aku temui ibu,bersimpuh di kakinya mohon maaf atas sikap ,perkataan kasar ku selama ini ke ibu,ternyata hati ibu tidak sekeras hati anaknya,aku menangis sejadi2nya menahan sakit yg teramat sangat dari perutku yg memang sudah waktunya melahirkan,tapi masih saja tertahan,entah kenapa?,barulah setelah ibu memaafkan aku dan menenangkan aku,perut ini terasa berkurang sakitnya,saat melalui proses kelahiran yang ga gampang,anakku terus mendesak,sakit bukan kepalang,mungkin allah telah menguji aku,aku terus istiqfar mohon ampun padaNYA,hingga akhirnya aku benar2 tak ada daya upaya lagi untuk megeluarkan bayiku,hingga akhirnya mengambil jalan operasi cesar,alhamdullilah anak ku lahir dengan selamat,sehat,normal dan cantik,tarryna putri namanya 6.5bulan sekarang,ya ALLAH terimakasih atas anugrah terindah yg kau beri padaku,terimakasih IBU,cinta kasihmu yg tulus menyadarkanku atas ke khilafan ku selama ini.

    =========================================

    Sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Terima kasih sudah berbagi mba Tanti. Saya sangat bersyukur sekali putrinya lahir dengan selamat, sehat, normal. Semoga beliau menjadi anak yang Saleh, yang menjadi cahaya bagi kita semua. Amiin

  27. assalamualaikum
    saya seorang calon bapak yang saat ini sedang menunggu kelahiran anak saya yang pertama terus terang saya takut, tapi saya sangat bersyukur kehadirat tuhan yang maha esa saya mau di beri momongan saya mohon do’a dan restunya agar anak saya lahir dengan selamat dan sehat, terima kasih

    =============================

    Wa alaikum salam
    Semoga anaknya menjadi anak yang saleh yang mencahayai orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. Amiin

  28. Begitu besar ALLAH dengan segala firman dan rahmatnya.
    yg menciptakan kehidupan,di dunia dan di akhirat,begitu jg dengan alam2 yg kita ketahui dan tdk kita ketahui,maha agung ALLAH menciptakan dari segumpal darah menjadi manusia.tak ada kata selain mengucap shukur alhamdullilah kepadanya.karna aku akan menjadi seorang bunda.

  29. subhanallah.. bagus sekali postingannya.. saya skrg sedang hamil 13 minggu, boleh ya saya copy ke blog dan fb? Ini bagus sekali untuk disebarluaskan… semoga berkenan…🙂

    ==================================================

    Alhamdulillah. Semoga kehamilannya berjalan lancar ya mba Arista🙂

    Silahkan jika ingin dishare. Terima kasih.

    Semoga sukses dengan blog baju muslimahnya🙂

  30. Subhanallah….
    benerbener sulit di percaya tapi emang nyata adanya….
    mudahmudahan setelah liat hal ini kita bisa tambah menghormati orang tua khususnya ibu…

    amiien….

    ==================================================

    Amiin.
    Kasih Ibu sepanjang masa🙂

  31. aku calon ibu…kehamilan anak pertama..
    g sabar nunggu kelahirannya..
    satu tugas suci yang diberikan allah pada hambanya yang kuat.
    yang bernama “perempuan”

    =======================================

    Alhamdulillah. Semoga kehamilannya berjalan lancar ya.

  32. allahu akbar…subhanallah…aku ingin dipanggil BUNDA, walaupun usia pernikahan kita baru 3 th tapi ternyata dalam rasa ini jika harus menginginkan kuasa Allah yg satu ini…ya Allah kuatkan Iman hamba..terima kasih atas pelajaran dari semua yg ada sudah menulis diatas…

  33. untuk suamiku, ibuku, bapakku, ayah mertuaku, umi mertuaku dan semua kakak2 dan adik2ku…terimakasih q akan terus bersabar untuk dan demi do’a kalian..yg punya posting ini terimakasih informasinya…Allahu Akbar

  34. mudah mudahan dia lahir dngn smprna ya

    =====================

    Sebuah doa bagi seluruh Ibunda yang menunggu kelahiran putra dan putri mereka. Amiin

  35. Assalamu”alaikum akhi
    sungguh bahagia ana membaca blog antum,sebuah pengetahuan yang sangat tinggi nilainya,sekiranya akhi mengijinkan,ana ingin mengcopy untuk dipasang diblog ana,mudah-mudahan bisa menjadi amal yang tak pernah terputus

    ===========================

    Wa alaikum salam akhi,
    Terima kasih sekali sudah berkunjung. Silahkan jika ingin melink mudah-mudahan membawa manfaat bagi kita semua.
    Semoga Allah Ta’ala membimbing dan melindungi kita semua. Amiin

  36. subahanallah betapa besar ya pengorbanan sang ibu ktika melahirkan sang buah hati ya, sang bunda mengorbankan nyawa untuk sang anak . aku menjadi merasa terharu ketaka melihat semua apa yang telah trjadi saat aku ada di dalam rahim ibuku dulu.aku sangat bertima kasih dgn ibuku yang sudah nembesarkn aku sejak kcil hingga bersar

  37. Subhanallah ….. semoga Allah memberikan kesempurnaan yang luar biasa kepada si Kecil yang kami sedang tunggu, tak kurang suatu apa pun pada dirinya.Maha besar Allah yang telah menciptakan dengan sempurna semua sistem dalam tubuh manusia.

  38. saya nikah udah 3 th belum juga mendapatkan keturunan padahal saya & suami saya sudah berusaha kemana-mana,mulai dari bidan,dokter sampai pijat. makanya sangat kepinginnya memiliki bayi saya sering buka website ini. apa mungkin Tuhan masih menyimpan hikmah dibalik ini.

  39. Assalamu’alaikum Mas Dimas,

    Apa kabar? semoga senantiasa dalam kasih sayang Allah SWT dan Rasul-Nya..aamiin.

    Mohon ijin saya pamit men”caplok” beberapa image di postingan ini utk ilustrasi postingan baru saya. Link postingan ini sdh saya cantumkan. Smoga berkenan adanya.

    Demikian dan wassalam,
    Rozy

  40. maha suci Allah pencipta segala yag dibumi dan langit. q sangat senag melihat gambar-gambar diatas,karena sekarang saya lagi hamil yg pertamakalinya dan berumur 1bln.

  41. PUJI TUHAN, SAYA DAN SUAMI SANGAT BERSYUKUR, 3 BULAN SETELEH MENIKAH, SAYA + HAMIL. SKRG SDH JALAN BILAN KE 5…..TERIMAKASIH INFONYA

  42. subhanallah….allah sungguh maha besar.ada kehidupan di dlm perut seorang wanita. alhamdulilah setalah 4 bulan menikah saya hamil, padahal kata dokter di dlm rahim sy terdapat cista yang terletak di ovarium sblah kiri… yg menurut medis memang lama untuk bisa hamil…alhamdulilah100x

  43. subhanallah,…. ya allah engkau menambahkan kecintaanku kepadamu dengan melihat semua ini. allahu akbar! semakin cinta aku pada janinku walau baru tiga bulan.

  44. Subhanallah Maha Suci Allah..dengan artikel ini saya jadi tahu bagaimana anak saya sekarang. Krn sy tengah hamil 18minggu. Sehingga akan lebih berhati hati menjaganya, dan melawan semua kemalasan demi pertumbuhannya yg sehat. Amin

  45. assalamu’alaikum mas dimas, mohon ijin ketemu. ada beberapa tulisan di blog ini yang sangat bermanfaat, khususnya bagi pasien kami, yang bergerak dalam kesehatan kebidanan (di tempat kami menerapkan bersalin gratis bagi keluarga kurang mampu ) …. sebagai motivasi tentunya… oh iya, sementara sy mohon izin meng-copy ya, untuk dibagikan …. jazakallah khairan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s