Seberapa Besarkah Diri Kita?

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” (QS 3:190)

***

Sungguh menarik melihat gambar di bawah ini. Kita bisa mengetahui perbandingan diri kita dengan alam raya ini. Seberapa besarkah diri kita jika dibandingkan dengan alam raya ini? Mari kita lihat!

earth_1.jpg

earth_2.jpg

Dimana diri kita?

earth_with_sun_3.jpg

Dimana?

sun_among_arcturus_4.jpg

Apakah diri kita masih terlihat?

sun_5.jpg

Bintang Antares merupakan bintang ke-15 yang paling terang di angkasa. Jarak antara Bumi dengan bintang Antares adalah 1000 tahun cahaya. Satu tahun cahaya berjarak 9,460,730,472,580.8 Km (ndak mudeng aku!)🙂 Pada malam hari jika langit cerah bintang ini bisa kita lihat secara langsung. Arahkan pandangan kita pada langit malam mulai pukul 7.30 pada arah barat. Kerlap-kerlipnya bintang Antares pada konstalasi Scorpius terlihat bagaikan mutiara bersinar pada pekatnya langit malam. Dan perlu diketahui bahwa terdapat ratusan milyar bintang seperti Antares di jagat raya ini.

Jadi, dimanakah diri kita?

*********

:: Screen shot konstalasi bintang menggunakan Free Astronomy Software Stellarium

28 comments

  1. sering beredar dimilist2… tapi sungguh luar biasa…🙂

    —————————————————

    Saya pun dulu pernah mendapatkan email gambar ini dari seorang teman. Saya memutuskan untuk memajangnya di blog karena menurut saya gambar ini terlalu berharga untuk dilupakan🙂

  2. Orang bilang bahwa manusia itu mikrocosmos
    dan alam semesta diluar adalah makrocosmos
    tetapi bagi kami yang ada diluar itu hanyaah sejumput keutuhan
    dan kehidupan batin adakah realitas yang maha luas

    Rumi: say I am you

  3. Assalamualaikum,
    Subhanallah, Allah memang Maha Besar..
    salam kenal mas dimas, tulisan2nya bgs deh, saya suka bacanya, menyentuh kalbu, terimakasih sudah berbagi🙂
    wassalamualaikum

    ==============================

    Walaikum salam

    Salam kenal mba Tami. Alhamdulillah, semoga kita bisa saling berbagi. Insya Allah🙂

    wassalam

  4. Kita memang kecil di banding alam semesta, tapi juga bisa lebih besar dari alam semesta.

    *maaf lagi ngawur bro*

    ===================================

    ngawur atau pura-pura ngawur? Hahaha😀

  5. Beritakan berita ini kepada orang-orang yang sombong lagi kikir
    bahwasannya kita sebagai manusia ini tidak ada apa-apanya……
    Bahkan lebih kecil dari debuuuuuuuuuuu

    Agung Bkam….agung_808@yahoo.co.id…../ pabxsunter@citra co.id

    ==============================================

    Terima kasih untuk komentarnya. Salah satu tujuan saya membuat posting ini adalah untuk mengingatkan diri saya yang masih sering sombong ini. Bersyukur kepada Tuhan yang selalu membimbing hambanya untuk menyadari kekurangan pada dirinya.

  6. aku juga dapet di milis .. aku juga.. aku juga..
    *jingkrak-jingkrak*

    itu mbuat bulet² nya gimana ya??
    *nggak penting pertanyaan nya..*

    =================================

    Hush! jangan jingkrak-jingkrak, ntar lantainya jebol!😀
    Bulet-buletnya bisa dibikin dengan software aplikasi tiga dimensi
    *ngak penting jawaban nya…* Hahaha😉

  7. subhanallah……
    aku juga dapet dari milis…
    dan aku juga udah posting di blogku yg lama.
    *ga ikut2an lho*
    http://mardee.blog.m3-access.com/posts/27982_Siapakah-Kita-Di-Dunia-Ini.html
    gambarnya sama,cuma keterangannya aja yg sedikit berbeda.

    =================================

    Loh sama donk🙂 Saya pun mendapatkan gambar ini dari email yang dikirim oleh teman. Menurut saya gambar-gambar ini terlalu indah untuk dilupakan untuk itu saya mengabdikannya pada blog ini😉

  8. i always thought that human means nothing compare to the universe, but what so special about human that made God love us so much even made us similar to his reflection?

    ========================================================================

    Why God love us so much? The answer lies deep inside your heart. You have to find it by yourself😉
    O God, help us to know You, to love You and to worship You in the best of manners.amin

  9. Subhanalloh,,terima kasih Dengan syari’at saya melihat gambar tsb. saya meraskan bahwa emng benar bahwasannya manusia itu tidaka ada apa-apanya.
    Syukron Katsiron

    ==========================================================================

    Alhamdulillah. Sulit menyadari hal itu, bahwa kita tidak ada apa-apanya. Kita harus terus berusaha untuk menyadari keadaan ini.
    Terima kasih telah berbagi🙂

  10. mas, aq save yach gambarnya, buat dipajang di rumah, yach jadi remainder gitu dech

    Mkasih

    ==========================================================================

    WOW! Silahkan mas Udoh, semoga gambarnya bisa memberikan manfaat yang terbaik. Sebenarnya jika bumi dibandingkan dengan bintang Antares itu belum seberapa dibandingkan dengan luasnya alam semesta terhadap bumi. Alhamdulillah saya memiliki videonya, tetapi kita mengetahui bahwa koneksi internet di Indonesia tidak cukup cepat untuk menampilkan video streaming. Mudah-mudahan saya bisa menemukan gambar yang lebih baik yang akan membuka cakrawala kita terhadap alam semesta ini.

    Terima kasih mas Udoh🙂

  11. subhanallah… betapa kecilnya qt,tidak ada bandingannya…tapi kenapa tetap qt yang mendapat rekor tersombong…so jgn sombong yaw….

    =========================================================================

    Sebenarnya ukuran kita di alam semesta ini masih jauh lebih kecil lagi daripada yang ada pada gambar ini, namun saya belum menemukan gambar yang bagus. Moga-moga ketemu deh.

    “so jgn sombong yaw….” —> Semoga Tuhan membimbing kita dalam membersihkan hati ini. amin.

  12. BESAR???..macam mana ya..cuma renung kan leh ayat ini..DARI TIADA..KEPADA ADA..DARI ADA..KEMBALI KEPADA..TIADA..renung kan jua perkataan MAHA yang ter dapat bila kita menyebut..tentang sifat dan kekuasaan ALLAH..renung kan perkataan itu dengan apa yang kamu banding kan disini..selami KEBESARAN ALLAH..ALLAH HU AKHBAR x3..ALLAH MAHA BESAR x3..

    =================================================================================

    Alhamdulillah🙂

  13. Liat judulnya kirain membahas potensi manusia untuk menjadi lebih “besar” dari ciptaan2NYA yg laen:mrgreen: ternyata…,
    postmu bikin hatiku ‘ciut’ bro..😀
    soalnya makin gambarnya kebawah kok bumi-nya makin gak kliatan, hemh.. tnyt saya sekecil ituh!

    =========================================================================

    Aku pun bernasib sama, ndak bisa aku membayangkan luasnya jagat raya ini. Jagat raya ini sangat-sangat luas. Belum ada satu ilmuwan pun yang mampu dengan pasti menyimpulkan luasnya jagat raya ini.

  14. u know what? i dont know what 2 write, well, as ussual if we dont know what 2 say, we say that i’ specchless, but in this chase, i just want 2 write, i’m writeless…(apa toh…) eh anyhey… beneran kt yg laen, post na bikin hati qta jd ciut,.. yah the last,,, i surrender 2 God….

  15. mantap dunia, membuat sebagian orang merasa kecil….. tidak diciptakan segala sesuatu oleh Allah SWT melainkan untuk melengkapi kebutuhan manusia,, maka dalam hakikatnya manusia adalah yang terpenting dari segala ciptaannya terserah besar atau kecilnya…
    bukti: hanya manusia yang dapat menjelajah dan menjajah sampai rusak seantero jagad ini dengan izin kebebasan dari Allah, walaupun dengan akhirnya manusia mati dengan lantaran bencana alam yang memang dibuat oleh manusia sendiri….. tetep manusia is the best dari segala ciptaan-Nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s