Who Am I???

100050220_745b358dbe_blog.jpg

“Tidak ada sesuatupun yang lebih dekat kepadamu selain dirimu sendiri, jika kau tidak memahami dirimu, bagaimana kau bisa memahami orang lain? Kau mungkin berkata, “aku memahami diriku”, tetapi kau salah!…Satu-satunya yang kau ketahui tentang dirimu hanyalah penampilan fisikmu. Satu-satunya yang kau ketahui tentang ‘nafs’mu (jiwa) adalah ketika kau lapar kau makan, ketika kau marah kau berbuat keributan. Semua binatang memiliki kesamaan dengan dirimu dalam hal ini. Kau harus mencari kebenaran di dalam dirimu… Siapa dirimu? Darimana datangnya dirimu dan kemana kau akan pergi? Apa perananmu di dunia ini? Mengapa kau diciptakan? Dimana kebahagiaan sejatimu berada? Jika kau ingin mengetahui tentang dirimu, kau harus mengetahui bahwa kau diciptakan dari dua hal. Pertama adalah tubuhmu dan penampilan luarmu (zahir) yang dapat kau lihat dengan matamu. Bagian lainnya adalah jiwamu. Jiwamu adalah bagian yang tidak bisa kau lihat tetapi bisa kau ketahui dengan pengetahuanmu yang dalam. Kebenaran akan eksistensimu ada di dalam jiwamu. Hal lainnya hanyalah pengabdi bagi jiwamu.”

– Imam Al Ghazali

*********

:: Dikutip dari buku Imam Al-Ghazali berjudul Kimiya’e Saadat “The Alchemy of Happiness”

:: Foto

13 comments

  1. Kalo saya nggak salah ingat, maksud Al-Ghazali di tulisan ini sedang bicara tentang nafs (jiwa). Mungkin lebih pas batin diterjemahkan sebagai ‘jiwa’? Saya lupa teks aslinya di buku apa..

    wonderful reading, dimas…

    @Mas Herry
    Alhamdulillah ya Allah. Makasih mas Herry. Tak ganti langsung

    Semoga Allah selalu membimbing kita semua. amin

  2. mencari jati diri? kadang-kadang….
    gue berpikir, kadang-kadang manusia sempat merasa kehilangan jati diri sehingga sadar atau tidak sadar mereka membutuhkan pendakian alias naik gunung🙂
    btw, jangan berhenti menulis ya ,Dim, meski gue jaraaang bgt ke warnet (lho apa hubungannya??).

    tetap semangat.
    keep smile
    ciayo

    ^_^

    @Yani
    Terima kasih yani atas supportnya yah
    nulis, nulis dan nulis lagi. Sepertinya lebih banyak majang tulisan orang lain deh…hahaha😉

  3. assalamualaikum….lagi blogwalking, malah ketemu blog ini, kalo gitu lam kenal dehhh…btw, itu di mana yaa? panoramanya bagus banget.

    @nailah
    Walaikumsalam nailah. Salam kenal juga yah
    mba nailah ke flicker aja. Banyak foto-foto bagus disana😉

  4. apapun tulisan yang mas tulis dalam blog ini saya belum membacanya. tapi saya mau minta bantuan dari mas bagai mana tahap-tahapan dalam membantu menjawab pertanyaan WHO AM I? saya yakin 500% bahwa tuhan menciptakan makhluk dengan segala kelebihannya, tapi bagaimana saya mengetahui kelebihan pada makhluk yang satu ini yaitu diri saya sendiri. tulisan mas “Yang mengenal dirinya, mengenal tuhannya” sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran saya. PLEASE HELP ME………..! saya sekarang baru lulus SMA tahun ini tapi saya masih belum di bri kesempatan untuk melanjutkan kuliah. one again PLEASE HELP ME………….! 081804693348 my phone number.

    ——————————————————————

    WHO AM I? atau belajar mengenal diri adalah sebuah perjalanan. Perjalanan yang bahan bakarnya adalah pertanyaan akan eksistensi diri dan makna hidup. Saya sendiri belum menemukan jawabannya. Who is the ‘real’ me? Siapakah diriku yang sejatinya? Tetapi jika mas Fahmi benar-benar tulus ingin mencari jawabannya maka mohon izin agar saya diperkenankan menjadi sabahat mas Fahmi. Insya Allah kita akan bersama-sama dalam berjalan.
    Mengenai tahapan, menurut saya setiap orang memiliki tahapan yang berbeda, tetapi satu hal yang pasti adalah setiap saat memohon kepada Tuhan untuk dibimbing oleh-Nya. Dan selalu menjaga agar bahan bakar “Who Am I?” tidak pernah padam. Insya Allah kita akan melanjutkannya di email.

  5. siapa aku? aku siapa?…….. masih belum terjawab?

    =========================================================================

    Tidak satu pun yang terjawab. Sudahkah jawaban itu hadir bagimu sahabatku?

  6. Assalamu’alaikum Mas.
    Benar firman Allah, Man arofa nafsahu, faqot arofa robbahu. Jadi, siapa saya? Dari sisi pencipptaan, siapa saya di jelaskan melalui firman-Nya: Wamaa kholaqtul jinna wal insan illa liya’buduun. Dan berdasarkan firman tadi, saya-saya (kita) ini semua adalah makhluk yang segaja diciptakan untuk menjadi abdi-Nya. Dari sisi manusia, pertanyaan siapa saya, sering pula dengan versi who are you, when no ones looking for? Ini semua dapat mengantarkan kita untuk dapat bermanfaat di kehidupan yang relatif singkat ini. Berbakti kepada Allah dan bermanfaat bagi makhluk-Nya. Wallahua’lam bissowab. Tulisan yang bagus Mas.
    Wassalamu’alaikum Wr Wbr

    =========================================================================

    Wa alaikum salam.
    Mengenal diri adalah sebuah perjalanan panjang. Perjalanan dalam belajar berserah diri kepada Sang Ilahi.

  7. Ass, Sya BARU TAW, Mas, Ternyata masih banyak orang yg mau menyediakan wadah ilmu, pnegetahuan lainnya about Islam,sprti Mas niy actually, saya makasih bgt ma Mas, meskipun saya ga kenal ma Mas( bisna Mas g terkenal sweh, hehe…) Ganbate,ne!! nanya niy, sbnernya ‘Mas’ ntu singkatan dr Dimas ato emang dipanggilnya ‘Mas’? Wass.

    =========================================================================

    Wa alaikum salam
    Suchi…Sebenarnya banyak yang membagi-bagikan ilmunya secara gratis dimanapun, tergantung kitanya, apakah mau menangkapnya atau tidak😉
    Panggil saja sesukanya😀

  8. kalo hidup hanya sementara berarti mati juga sementara…hidup n mati silih berganti..klpn diri kita yang kmrin A apakah kemarinnya lagi A(juga) hari inilah yang nyata…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s