Menyelamatkan semut kecil, perbuatan yang sangat mulia

Cerita diambil dari buku:

Hati, Diri dan Jiwa. Psikologi Sufi untuk Transformasi.Robert Frager

Dahulu kala, ibu sultan dikenal sebagai seorang dermawan. Ia menanam pohon-pohon sebagai tempat berteduh bagi penduduk Istambul di kala musim panas. Ia juga membiayai jaringan sumur sehingga para penduduk dapat memperoleh air dengan lebih mudah. Ia membangun mesjid, sekolah, juga rumah sakit, yang ia bantu dengan lahan yang menghasilkan pemasukan. Sehingga, semua itu dapat berfungsi selama-lamanya.

Ketika rumah sakit tersebut sedang dibangun, ia mengunjungi lokasinya. Di sana ia melihat seekor semut jatuh kedalam beton yang masih basah. Ia memutuskan bahwa tak ada satu ciptaan pun yang boleh menderita akibat tindakan dermanya. Ia menancapkan payung buatan Prancis miliknya yang mahal kedalam beton tersebut, kemudian mengangkat keluar semut tersebut.

Beberapa tahun kemudian, pada malam kematiannya, beberapa teman dekatnya bermimpi tentang dirinya. Ia tampak muda dan berseri-seri. Dan ketika ia ditanya apakah ia masuk surga karena seluruh dermanya, ia menjawab, “Tidak, keadaan yang kualami sekarang adalah semata-mata karena seekor semut yang kecil.”

11 comments

  1. hhmmmmm…betapa bxk sudah kita tanpa sadar menganiaya makhluk MU yaa..Rabb..ampuni kami

    =========================================================================

    Tidak ada ciptaan-Nya yang sia-sia.
    Saya pernah mendengar kisah seorang sufi yang melakukan perjalanan jauh. Pada saat iya telah tiba di tempat yang ia tuju, ia melihat kantongnya dan ternyata di sana ada seekor semut. Saat itu juga ia langsung memutuskan untuk kembali ke tempat awal perjalanannya. Mungkin ia merasa sedih karena mungkin saja semut itu adalah seekor induk yang memiliki tanggung jawab di habitatnya. Sungguh begitu mulianya manusia tersebut.

  2. SubhanALLAH, luar biasa. Saya juga dulu pernah membaca dalam sebuah karangan tentang sufi bahwa suatu malam Imam Hujjatul Islam Al-Ghazali bermimpi dimasukkan ke dalam surga dan beliau di tanya Taukah kamu kenapa engkau dimasukkan ke dalam surga ? Imam menjawab, mungkin karena karangan kitabku yang banyak dan diambil manfaat oleh manusia, suara tersebut menyela, bukan…ingatkah kamu suatu malam kamu sedang menulis kitab mu dan menjumpai lalat dalam mangkok tintamu, lalu engkau mengangkat lalat tersebut hingga ia bisa terbang lagi.? oleh sebab itulah ALLAH yang Maha Pengasih mengasihimu dan memasukkan kamu ke dalam surganya. Wallahu A’lam

    ==========================
    Terima kasih mas Nazar untuk kisah Imam Al-Ghazalinya.
    Adalah berkat Kasih Sayang Allah Ta’ala tatkala hamba-hambanya diberi anugerah memasuki Surga-Nya.

  3. Assalamualaikum wr.wb.
    Alhamdulillah saya sudah baca buku hati, diri dan jiwa (saya punya bukunya).., emang bagus dan keren abis, dunia tasawuf sesungguhnya bagaikan lautan tak pertepi…semakin mengerti dan merasakan semakin bodoh diri ini….

    ====================

    Waalaikum salam wr wb.

    Alhamdulilah. Buku itu juga memberikan saya banyak pandangan baru tentang kehidupan.
    Semoga Allah Ta’ala selalu membimbing kita semua. amin

  4. ya ALLAH ya rob ampunilah aku atas dosa dosa ku ini,bahwa beribu ribu dosa yg aku lakukan hatiku ini jadi hitam ,semoga kau ampuni dosa dosa ku ini. amin

  5. bilakah hati di selimuti kegelapan, maka jiwapun kesulitan menggapai sinar ilahi rabbi, sejuta permohonana di panjatkan, namun tak satupun terbalas sesuai harapan, kini kusaksikan hatiku yang gelap, gelap gulita dalam keseriusan menggapai impian, kupinta banyak hal kepadaNya, namun perintahnya masih banyak terabaikan, kujalani kotak-kotak fu’ad yang tersembunyi dalam dada, ternyata disana tidak kutemukan goresan dan suara pujian PadaNya, bagaimana mungkin ku temukan cinta bersamaNya, bila di hatuiku pula belum membuat tulisan dan suara nyanyian hanya untuknya, Tuhan ajari aku menerangi hatiku, ukirkanlah makna dan hakikat cinta padaMu, agar diriku cinta pada seluruh buatanMu.

  6. Sy sngat suka tdur d lantai,tiap tdur psti d gigitin semut,nah sanking gemesny smut2 td tk gigit balik,bhkn tk pitesin jg,gmn dooonkk… ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s